Jurnal Konsepsi
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Konsepsi (Agustus)

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Dahsyatnya Persatuan dalam Ibadah Haji dan Umroh Kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang: Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Dahsyatnya Persatuan dalam Ibadah Haji dan Umroh di Sekolah Menengah Pertama

Lisnawati (Unknown)
A. Riawarda (Unknown)
M. Zuljalal Al Hamdany (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang. Penenltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap pengembangan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang dan untuk mengembangkan tingkat kevalidan dan keperaktisan pengembangan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh kelas IX di SMPN 2 Bua Ponrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE dengan lima tahapan, Anlyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 yang berjumlah 31 orang dengan peserta didik beragama Islam sebanyak 29 peserta didik. Objek penelitian adalah bahan ajar berupa media pembelajaran video animasi yang dirancang yang dapat membantu proses belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bua Ponrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervaasi, wawancara, dokumentasi, angket dan lembar validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran video animasi materi dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umroh yang divalidasi oleh 2 orang ahli, yaitu ahli materi dengan skor 82,5% (kategori sangat valid) dan ahli media mendapat skor 77,5% (kategori valid). Untuk uji praktikalitas diperoleh hasil dari pendidik mendapat skor 93,75%, (sangat praktis) dan untuk peserta didik mendapat skor 81,57% (praktis). Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidaan yang tinggi, maka produk yang dikembangkan oleh peneeliti layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...