Sistem pembelajaran sangat penting untuk direvitalisasi karena melalui sistem pembelajaran yang efektif dan efisien, akan diperoleh lulusan perguruan tinggi atau calon tenaga kerja yang berkualitas, produktif, dan mampu bersaing. Dalam penelitian ini merujuk pada salah satu bagian dalam sistem pembelajaran berupa sebuah perangkat pembelajaran yaitu asesmen yang dapat menilai secara utuh pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen yang digunakan untuk menilai kinerja kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada pembelajaran matematika teknik yang memenuhi kriteria valid dan reliabel dan menerapkan asesmen kinerja berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk menilai kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan yang mengacu pada dua model yakni 4D: define, design , develop, dan disseminate dan Oriondo & Antoni. Desain pengembangan dikelompokkan atas enam prosedur yakni: (a) eksplorasi, (b) pengembangan, (c) pengembangan prototype, (d) uji coba produk dan revisi, (e) uji validitas teoritis dan empirik, dan (f) penerapan produk. Hasil penelitian menunjukkan asesmen kinerja yang dikembangkan valid dan reliabel sebagai instrument penilaian kinerja berbasis STEM. Asesmen yang dikembangkan adalah asesmen untuk pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan pemecahan masalah mahasiswa tergolong rendah
Copyrights © 2023