Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Inpres 12/79 Cammilo, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone melalui penerapan metode mnemonik. Metode mnemonik adalah teknik pembelajaran yang menggunakan asosiasi mental untuk membantu mengingat informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cammilo. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi aktivitas belajar siswa setelah penggunaan metode mnemonik mengalami beberapa perubahan yang positif, di mana siswa mulai lebih aktif dalam pembalajaran, lebih memahami materi secara mendalam, dan lebih bersemangat dalam belajar. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa, dilihat dari hasil tes pada siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode mnemonik efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cammilo Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.
Copyrights © 2024