Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran PBL pada proses pembelajaran muatan IPS, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada muatan IPS setelah pelaksanaan model PBL. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksprimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, pemberian tes yang berupa pretest dan posttes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada lembar observasi guru mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Adapun penerapan model pembelajaran PBL pada lembar observasi peserta didik juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pretest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttest menunjukkan kategori sangat baik. Sementara pada hasil pretest kelas kontrol menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttes menunjukkan kategori kurang baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji normalitas dengan uji Shapiro-wilk Normality Test dengan data posttes berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan data posttes kelas kontrol dan eksperimen terdapat pengaruh hasil belajar IPS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II kota Makassar menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan PBL pada kelas eksperimen tergolong meningkat, hasil belajar IPS peserta didik kelas eksperimen tergolong sangat tinggi dan, terdapat pengaruh yang signifkan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terhadap penggunan model PBL pada pembelajaran IPS peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar.
Copyrights © 2024