Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 4 (2024): April

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR : STUDI SISWA KELAS V SD INPRES 6/75 KADING KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Muin, Awaluddin (Unknown)
Djafar, Muhammad Idris (Unknown)
INTANG, ANDI ST Hajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain non equivalent control group design untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan dengan instrument tes. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan 54,52% dengan kategori kurang dan pada kelas kontrol 51,57% dengan kategori kurang. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diberi perlakuan 67,38% dengan kategori baik dan pada kelas kontrol 54,50 % dengan kategori kurang. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung 2.148 > 1.68488. pada taraf signifikansi 24% pada kelas eksperimen dan pada kelas control sebesar 5%. Dengan demikian H₀ ditolak dan H₁ diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading berpengaruh.Kata kunci:Hasil Belajar, SBdP, Media Pembelajaran Interaktif, Canva

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...