Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 1 (2024): Juli

Hubungan UKS dengan PHBS Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

Muliadi, Muliadi (Unknown)
Sabir, Achmad (Unknown)
nuramalia, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Jenis penelitian adalah korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara UKS dengan PHBS siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas tinggi berjumlah 52 siswa dan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran UKS siswa kelas tinggi termasuk dalam kategori sedang. Gambaran PHBS siswa kelas tinggi termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial korelasi pearson produt moment diperoleh 0,504 dengan kategori cukup karena berada pada rentang 0,40-,599. Korelasi antara UKS dengan PHBS sebesar (rxy 0,504 > r tabel 0,279) di mana  H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara UKS dengan PHBS siswa kelas tinggi SD Negeri 162 Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...