Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 4 (2024): April

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS V UPT SPF SDI TAMAMAUNG II

Syawaluddin, Ahmad (Unknown)
Amran, Muhammad (Unknown)
Syam, Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPT SPF SD Inpres Tamamaung II, dengan menggunakan metode Time Token Arends. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti tahapan siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas V UPT SPF SD Inpres Tamamaung II. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara melalui penggunaan metode Time Token Arends. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penilaian siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra-tindakan, di mana hanya 5 siswa atau 22% yang mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67. Setelah dilakukan tindakan, jumlah siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 20 siswa atau 90% dengan nilai rata-rata sebesar 82.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...