Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang optimalnya kemampuan koneksi matematis siswa di salah satu sekolah jenjang SMA. Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi polinomial karena bahan ajar yang digunakan belum dapat memfasilitasi siswa untuk mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis. Berhubungan dengan hal tersebut dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis. Tujuan dari penelitian untuk mengembangkan Contextual Learning Activity Student’s (CLAS) pada materi polinomial untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian ini yaitu 24 siswa kelas XI MIPA. Pengumpulan data menggunakan angket wawancara, instrumen tes kemampuan koneksi matematis dan lembar validasi untuk mengukur validitas CLAS. Bahan ajar dalam penelitian ini merupakan Contextual Learning Activity Student’s (CLAS). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa CLAS yang dikembangkan dinyatakan valid dan memiliki efektifitas yang tinggi untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis.
Copyrights © 2024