Penelitian ini bertujuan untuk membedah muatan gastronomi Jawa dalam Cerpen dan Dongeng Minuman Nusantara Karya Suyitman. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan gastronomi Jawa berupa minuman tradisional dan metafor yang dimilikinya. Data dalam penelitian ini adalah kalimat dan wacana karya sastra dan tulisan-tulisan bermuatan gastronomi Jawa dimanfaatkan sebagai referensi dalam proses analisis. Adapun pendekatan yang digunakan adalah gastrokritik. Data dikumpulkan dengan teknik membaca cermat dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek minuman yang dihadirkan pengarang berupa asal-usul, cita rasa, daerah asal, bahan-bahan, dan cara pembuatan. Minuman tradisional dalam buku tersebut juga memiliki fungsi metafor yang meliputi lambang perjalanan dan rendah hati, identitas kultural, prinsip hidup, keberhasilan dan kebahagiaan, arena interaksi sosial, media negosiasi, media aktualisasi diri, pengenalan karakter, dinamika kehidupan, dan gaya hidup.Representation of Javanese Gastronomic Granary in Suyitman's “Short Stories and Tales of Indonesian Drinksâ€The objective of this study is to analyze the Javanese culinary content included in Cerpen dan Dongeng Minuman Nusantara by Suyitman. With the help of traditional drinks and their metaphors, Javanese gastronomy is described in this qualitative descriptive study design. The data in this research are monologs, dialogues, any sentences and discourses from the literary work and the references from Javananes cuisine writings is utilize to analyze it. The method used refers to gastrocriticism. The Miles and Huberman model was used to analyze the data after it was gathered using close reading techniques. The results of the research show that the aspects of the traditional drink presented by the author are the origin, taste, region of origin, ingredients, and method of production. The traditional drink in the book also has a metaphorical function involving the symbol of journey and modest character, cultural identity, life principles, success and happiness, social interaction arena, social prestige, negotiation utility, self-actualization utility, character introduction, life dynamics, and lifestyle.
Copyrights © 2024