Berhasilnya tujuan pendidikan dalam proses belajar mengajar salah satunya dipengaruhi oleh faktor ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup dan memadai. Pandemi Covid-19 menjadikan permasalahan pada dunia pendidikan yaitu metode pembelajaran yang berubah dan harus dijalankan secara online atau daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana di masa pandemi dalam meningkatkan kualitas belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan ilmu kepada lembaga sekolah umumnya terkait pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas belajar. Adapun metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Penelitian ini berlokasi di SD Sukapura II Rawamerta Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sarana dan prasarana yang digunakan untuk menunjang berjalannya proses pembelajaran dengan teknologi (smart phone) dan memanfaatkan aplikasi seperti grup whatsapp, google classroom. Di lembaga pendidikan SDN Sukapura II ini banyak peserta didik yang mengalami hambatan dalam belajar yaitu jaringan internet yang kurang bagus, dan sebagian peserta didik ada yang tidak mempunyai smart phone, minimnya orang tua dan peserta didik dalam pengetahuan teknologi, pada saat penularan covid-19 sudah mereda pemerintah mengeluarkan kebijakan baru diperbolehkannya luring atau pembelajaran tatap muka dengan tetap mematuhi dan menyediakan sarana prasarana sesuai dengan standar protokol kesehatan, seperti SDN Sukapura II menyediakan wastafel, handsanitizer di setiap ruangan kelas, pengecekan suhu di depan gerbang sekolah.
Copyrights © 2023