Biolearning Journal
Vol 11 No 1 (2024): Biolearning Journal (Februari 2024)

DIVERSITAS BELALANG PADA BERBAGAI LAHAN PERTANIAN DAN PADANG SAVANA DI KABUPATEN DOMPU

Khatimah, Ainul (Unknown)
Rahmawati, Yeni (Unknown)
Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Ra'is, Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Belalang menjadi salah satu serangga yang dikenal sebagai hama pada bidang pertanian karena dapat mengalami outbreak atau pembludakan reproduksi sehingga menjadi pelaku kerusakan tanaman. Namun peranan lainnya sering dilupakan seperti misalnya sebagai predator, maupun decomposer. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis diversitas komunitas belalang pada berbagai macam lahan di Kabupaten Dompu, untuk membandingkan struktur komunitas belalang berbagai macam lahan di Kabupaten Dompu dan untuk menganalisis hubungan struktur komunitas dengan faktor lingkungan. Metode penelitian terdiri atas pengukuran faktor-faktor abiotik (suhu, intensitas cahaya, kecepatan angin dan kelembaban), pengamatan diversitas belalang dengan metode Visual Encounter Survey, Hand Picking, dan Sweeping net, dilanjut dengan analisis vegetasi.Data diversitas, dianalisis yang terdiri atas indeks diversitas Shanon Wiener, indeks kemerataan, indeks kekayaan dan indeks dominansi. Korelasi factor abiotik dengan kelimpahan belalang dianalisis dengan uji korelasi Pearson menggunakan SPSS, dan analisis CCA menggunakan program PAST. Penelitian ini diharapkan dapat diterbitkan pada jurnal nasional terkareditasi dengan TKT 3. Hasil analisis peneltian yang didapatkan, indeks diversitas belalang beberapa lahan pertanian di Kabupaten Dompu dalam kategori menengah, dengan diversitas tertinggi terdapat pada Lahan Bekas Jagung (2,76) dan terendah di Padang Savanah(2,24). Hasil analisis korelasi bahwa Temperatur udara memiliki korelasi positif terhadap nilai keragaman dan nilai kekayaan belalang, dan berkorelasi negatif terhadap nilai dominansi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...