CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 12 No 1 (2024): CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI HIMPUNAN

Nurfaida Tasni, Rahmi Yuliana M, Muhammad Yusuf, (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa pada mata kuliah teori himpunan. Adapun subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Paris Barantai sebanyak 26 orang Program Studi Pendidikan Matematika semester I tahun Akademik 2023/2024. Data penelitian yang dikaji adalah lembar jawaban Ulangan Akhir Semester. Jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, diperoleh hasil secara umum menerangkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dapat dikategorikan cukup dengan persentase 64,62%. Lebih rinci, kemampuan mahasiswa dalam merencanakan penyelesaian masalah dapat dikategorikan ‘baik’ dengan persentase 74,62%. Walaupun kemampuan dalam melakukan pengecekan kembali masih lemah dapat dikategorikan ‘kurang’ dengan persentase 54,62%. Dengan demikian, kedepannya menjadi dasar evaluasi dalam pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Mahasiswa, Teori Himpunan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal CENDEKIA ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual yang mencakup berbagai dimensi pendidikan seperti; 1. Kurikulum 2. Pembelajaran 3. Evaluasi dan evaluasi pembelajaran 4. Manajemen pendidikan 5. Kualitas ...