CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 12 No 1 (2024): CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan

MODEL EVALUASI CIPP STUFFLEBEAM PADA KTSP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH UMUM

DP, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Umum yang dilakukan oleh Guru PAI dengan menggunakan model penilaian CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan analisa dokumen. Tujuan tulisan ini untuk menunjukkan bahwa kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas telah memahami objektif dan melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran PAI. Hasil kajian juga menunjukkan bahwa (1) Guru PAI telah memahami KTSP PAI (2) Guru PAI terampil dalam membuat perencanaan pembelajaran (3) Guru PAI telah melaksanakan proses pengajaran dan pembelajaran berdasarkan kurikulum Pendidikan Agama Islam juga melaksanakan dua bentuk penilaian, yaitu penilaian proses dan ujian semester. (4) menunjukkan bahwa peserta didik telah memahami pengetahuan yang disampaikan oleh guru dan memproleh hasil ujian yang sesuai dengan standard penilaian yang telah ditentukan oleh sekolah dan guru. Kata Kunci: Model CIPP. KTSP, dan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal CENDEKIA ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual yang mencakup berbagai dimensi pendidikan seperti; 1. Kurikulum 2. Pembelajaran 3. Evaluasi dan evaluasi pembelajaran 4. Manajemen pendidikan 5. Kualitas ...