Manajemen sumber daya manusia dianggap sebagai kunci untuk memaksimalkan kinerja pendidik, dikarenakan dengan perencanaan dan penerapan manajemen sumber daya yang baik maka akan dicapai pula ke-efektivan kinerja guru. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 3 Satu Atap Sumberwringin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berbentuk deskripsi dan proses penerapan manajemen sumber daya manusia di SMPN 3 Satu Atap Sumberwringin. Sedangkan sumber datanya yaitu didasari data sekunder dan data primer. Peneliti melakukan observasi dengan menggunakan sistem rekam catat untuk memperoleh data, serta juga melakukan wawancara kepada kepala sekolah dan guru. Setelah data terkumpul peneliti melakukan reduksi data dan mengklasifikasikan data berdasarkan jenisnya. Kemudian peneliti melakukan validasi data lalu menginterpretasikannya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa kepala sekolah di smpn 3 satu atap Sumberwringin telah melakukan beberapa inovasi dalam penerapan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru, yaitu 1) perencanaan penerapan manajemen sumber daya manusia. 2) analisis peningkatan kinerja guru. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi manajemen sumber daya manusia yang dilakukan di smpn 3 satu atap Sumberwringin efektif dalam meningkatkan kinerja guru melalui beberapa strategi yang diterapkan dalam proses penerapan manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi lembaga pendidikan lain dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan strategi manajemen sumber daya manusia yang baik dalam meningkatkan kinerja pendidik. Rekomendasi yang diberikan meliputi, strategi rekrutmen dan pengorganisasian sumber daya manusia, serta inovasi dalam penerapan stategi manajemen sumber daya manusia.
Copyrights © 2024