Warisan budaya produk batik di desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, memiliki cerita sejarah dan nilai-nilai budaya yang masih diyakini oleh masyarakat setempat. Dengan demikian promosi dapat menggunakan konsep storynomics tourism melalui tayangan video. Hal ini sejalan dengan perkembangan trend masyarakat yang semakin dekat dengan perangkat berbasis digital, sehingga menjadi peluang dalam mempromosikan batik New Normal melalui platform media sosial. Tujuan akhir kegiatan ini adalah untuk menghasilkan tayangan video batik New Normal yang merepresentasikan realita dari proses dan kekhasan batik tersebut. Tema video menggunakan teknik storynomics. Kegiatan ini meliputi tahapan pra produksi, produksi dan paska produksi. Proses produksi video diawali dengan pengumpulan data melalui interaksi langsung dengan para pengrajin batik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan kepustakaan yang digunakan dalam menyusun storyline video. Pengumpulan stok video dilakukan langsung di lokasi desa produsen batik New Normal. Setelah melalui tahap editing, tayangan video dikonsultasikan dengan pengrajin sehingga dihasilkan video yang disepakati oleh semua pihak. Hasil kegiatanselama 6 (enam) bulan menghasilkan tayangan video batik New Normal. Video yang ditayangkan melalui media sosial menjadi salah satu strategi efektif dan efisien dalam mempromosikan batik New Normal hingga jangkauan internasional.
Copyrights © 2024