Journal of Social And Economics Research
Vol 6 No 1 (2024): JSER, June 2024

EFEK BRAIN GYM TERHADAP DAYA INGAT ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD)

Viena Widayani (Unknown)
Mulya Virgonita I. Winta (Unknown)
Erwin Erlangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

ADHD adalah sebuah gangguan neuropsikiatri yang ditandai dengan tingkat inatensi yang tinggi, hiperaktif, dan impulsif. Gejala ini menyebabkan anak menjadi sulit fokus melakukan suatu hal, bersosialisasi, maupun mengingat sebuah intruksi. Daya ingat untuk anak ADHD sangat penting karena berpengaruh terhadap kehidupan sosial dan perkembangan anak. Salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan terapi Brain Gym. Brain gym adalah serangkaian gerakan fisik koordinatif yang dapat mengoptimalisasi fungsi kinerja otak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa daya ingat anak mengalami kenaikan dibuktikan dengan peningkatan hasil pretest-postest. Selain itu, siswa menjadi lebih fokus, tenang, dan antusias dalam memulai proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa terapi Brain gym berpengaruh dalam meningkatkan daya ingat siswa ADHD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...