Journal of Social And Economics Research
Vol 6 No 1 (2024): JSER, June 2024

ANALISIS SISTEM PEMASARAN PRODUK OLAHAN SUSU UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI KOPERASI PRODUSEN AGRO NIAGA JABUNG SYARIAH MALANG JAWA TIMUR

Halimatus Sadiyah (Unknown)
Adita Nafisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang di terapkan Koperasi Agro Niaga Jabung untuk produk Susu Olahan Jabmilk, serta kendala-kendala yang di hadapi dalam mengembangkan target pasarnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan analisis strategi pemasaran dengan teknik observasi, wawancara atau interview, dan dokumentasi. Sedangkan data yang di dapat dianalisis dengan menggunakan analisis lingkungan Internal Eksternal atau SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats) untuk mendeskripsikan posisi perusahaan serta memperoleh pemecahan masalah dengan mempertimbangkan alternatif strategi pemasaran yang tepat dari hasil analisis SWOT. Dari data hasil analisis SWOT,diperoleh bahwa hasil EFAS (Eksternal Factor Analisys Summary) untuk bisnis susu olahan KAN Jabung peluang memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan ancaman, yaitu peluang dengan nilai 1,50 dan ancaman dengan nilai 0,72. Nilai IFAS untuk variabel kekuatan dan kelemahan yang dimiliki bisnis susu olahan KAN Jabung adalah 1,66 untuk kekuatan dan 0,86 untuk kelemahan. Dari diagram hasil analisis SWOT diperoleh bahwa posisi bisnis susu olahan KAN Jabung memiliki kekuatan dan peluang yang besar. Strategi yang harus diterapkan maka harus mendukung pertumbuhan yang agresif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...