Journal of Social And Economics Research
Vol 6 No 1 (2024): JSER, June 2024

PENGGUNAAN TIKTOK @Perpusnas_Ri SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN

Zhafira kenes Yurialvita (Unknown)
Tine Silvana Rachmawati (Unknown)
Saleha Rodiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2024

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menggunakan teori 7C Framework, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan TikTok sebagai media promosi oleh akun @Perpusnas_RI telah memenuhi aspek komunikasi pemasaran dari teori tersebut, yaitu context, content, community, commerce, connection, dan communication. Elemen context tercermin dalam penggunaan caption, hashtag, dan tag lokasi pada setiap konten promosi. Elemen content terlihat dari penyebaran informasi mengenai buku, jam layanan, jenis layanan, dan fasilitas Perpustakaan Nasional RI. Elemen connection ditunjukkan melalui tag lokasi dan hashtag yang dapat diklik untuk informasi lebih lanjut. Elemen community terlihat dari keterlibatan pengguna dalam menyebarkan pesan melalui kolom komentar. Elemen commerce muncul dari interaksi pengguna yang memberi like, komentar, rekomendasi, dan testimonial. Elemen communication terlihat dari interaksi aktif akun @Perpusnas_RI dengan pengguna melalui balasan komentar dan direct messages. Meskipun demikian, terdapat beberapa kekurangan, seperti kualitas konten promosi yang belum optimal dan keterlibatan pengguna yang belum stabil. Oleh karena itu, Perpustakaan Nasional RI perlu meninjau kembali kualitas konten promosinya untuk meningkatkan resolusi dan stabilitas keterlibatan pengguna TikTok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...