MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah
Vol. 19 No. 1 (2024): Manajemen IKM

Strategi Peningkatan Pemasaran Produk Ayam Organik Berkah Chicken

Ziadatun Nisa, Alfi (Unknown)
Aminah, Mimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Berkah Chicken merupakan produsen ayam organik yang berpusat di Kuningan, Jawa Barat. Adanya persaingan produk sejenis dan kurangnya promosi pemasaran menyebabkan penjualan masih belum maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi Berkah Chicken, (2) Merumuskan strategi alternatif berdasarkan matriks IE gambaran posisi perusahaan, dan (3) Merekomendasikan strategi alternatif yang tepat untuk meningkatkan pemasaran Berkah Chicken. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan matriks IE dan SWOT untuk merumuskan strategi alternatif, serta QSPM untuk menentukan urutan prioritas strategi alternatif. Didapatkan faktor kekuatan utamanya produk bersertifikasi halal dan organik dengan memiliki peluang memperluas kerjasama dan produk ayam banyak diminati masyarakat. Hasil dari matriks IE menunjukkan ayam organik Berkah Chicken berada pada sel 4 dengan strategi Grow and Build, yaitu berada di posisi yang cukup baik dengan memanfaatkan kekuatan produk dan peluang yang ada. Analisis SWOT menghasilkan sembilan strategi alternatif dan strategi alternatif prioritas utamanya adalah memperluas kerja sama dengan restoran dan supermarket dari skor TAS sebesar 6,512.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalmpi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Manajemen IKM merupakan Jurnal Pengembangan Manajemen Industri Kecil Menengah (IKM) yang diterbitkan oleh Program Studi Industri Kecil Menengah (MPI) Sekolah Pascasarjana IPB sejak September 2006, memuat kegiatan dunia usaha kecil menengah (UKM), khususnya IKM beserta instansi yang terkait seperti ...