Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 2 No. 3 (2023): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

POLA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA CILEGON

Shaira Kayla Ferdy (Unknown)
Nina Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Kurangnya proaktifitas pustakawan dalam memberikan bantuan menjadi salah satu permasalahan yang teridentifikasi dalam jurnal ini. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pustakawan dalam meningkatkan layanan Perpustakaan Daerah Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah antara pustakawan dengan pengguna perpustakaan serta antar pustakawan dalam meningkatkan layanan perpustakaan. Komunikasi dua arah dan multi arah memungkinkan adanya timbal balik informasi, memberikan layanan yang lebih efektif dan efisien. Hambatan seperti kurangnya kejelasan pesan dan kurangnya proaktifitas pustakawan dalam memberikan bantuan juga teridentifikasi. Upaya untuk mengatasi hambatan komunikasi termasuk penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi tambahan dan pelaksanaan perpustakaan keliling sebagai upaya penyebaran informasi kepada masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...