Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang menghambat komunikasi antara mahasiswa dan dosen selama perkuliahan tatap muka di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Fenomena ini terkait dengan variasi nilai yang diperoleh oleh mahasiswa dalam beberapa mata kuliah tertentu, menunjukkan kesulitan dalam memahami materi-materi khusus dalam mata kuliah tersebut. Difokuskan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, khususnya dalam program Ilmu Komunikasi, penelitian ini melibatkan analisis mendalam terhadap faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi dan pembelajaran dalam lingkungan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis observasi. Temuan penelitian mengungkapkan beberapa hambatan utama, termasuk kurangnya keterbukaan dari para dosen, materi pengajaran yang tidak jelas, dan keterbatasan waktu dalam komunikasi. Implikasi praktis dari temuan ini meliputi kebutuhan akan pelatihan untuk meningkatkan keterbukaan dan efektivitas komunikasi dosen, serta adopsi metode pengajaran yang lebih interaktif. Rekomendasi dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada upaya untuk meningkatkan kualitas perkuliahan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan memahami dan mengatasi hambatan komunikasi antara mahasiswa dan dosen.
Copyrights © 2023