Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 9 (2024): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

ALOKASI ANGGARAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA PINTAR

Yuni Marta Simbolon (Unknown)
Jeane Fellicia (Unknown)
Nur Adilah (Unknown)
Muhamad Zidane Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Kemajuan edukasi dari sabang sampai marauke masih terhalang tantangan kemiskinan yang menyebabkan minimnya akses masyarakat dalam bidang pendidikan. Program Indonesia Cerdas (PIP) adalah program dan strategi bantuan pemerintah sebagai bantuan dana pendidikan yang diharapkan agar generasi muda dari keluarga miskin dapat memiliki pilihan untuk mengikuti pendidikan formal. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui alokasianggaran dalam implementasi Strategi Indonesia Pintar (PIP) dalam menstimulasi nilai keterlibatan pendidikan. Prosedur dalam observasi yaitu mengaplikasikan jenis penelitian kualitatif. Pengkajian observasi menunjukkan bahwa Tahun 2024, Bantuan PIP jenjang SD senilai Rp450.000 per tahun dan SMP Rp750.000 per tahun. Sedangkan khusus SMA dan SMK menerima Rp1.800.000 per tahun. Selain itu, parameter jumlah keterlibatan Sekolah (APS), Angka Partisipasi Kasar (APK), dan Angka Partisipasi Murni (APM) yang positif menunjukkan indicator PIP berpotensi meningkatkan angka partisipasi pendidikan secara signifikan. Akan tetapi menurut pelaksanaannya, PIP mempunyai banyak isu, misalnya saja penerima manfaat yang tidak sesuai jalur sekaligus terhambatnya peredaran di daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...