Sekretariat DPRD Provinsi Lampung juga berperan dalam mendukung fungsi anggaran dan juga fungsi pengawasan, hal ini dibuktikan dengan adanya bagian anggaran DPRD Provinsi Lampung yang pemeran pentingnya ialah Sekretariat DPRD Provinsi Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mengetahui efektivitas peran Sekretariat DPRD Provinsi Lampung dalam meningkatkan kinerja DPRD Provinsi Lampung dan mengetahui aspek pendukung dan aspek penghambat efektivitas peran Sekretariat DPRD Provinsi Lampung dalam meningkatkan kinerja DPRD Provinsi Lampung. Tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Peran Sekretariat DPRD sangat efektif dalam meningkatkan kinerja DPRD Provinsi Lampung dalam mendukung pelaksanaan fungsi DPRD Provinsi Lampung hendaknya Sekretariat DPRD mewujudkan reformasi birokrasi melalui perbaikan sistem tatakelola (manajemen) urusan pemerintahan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Aspek pendukung dan aspek penghambat efektivitas peran Sekretariat DPRD dalam meningkatkan kinerja DPRD Provinsi Lampung adalah fasilitas kerja yang memadai, dan memiliki kultur kerja yang mengedepankan pelayanan yang ramah, berintegritas tinggi, efektif dan efisien dalam pelayanan, bekerja secara profesional dan disiplin, dan bertanggung jawab dalam tugas menjadi faktor pendukung, sedangkan kurang optimalnya koordinasi antar Sekretariat DPRD dengan OPD lainnya dan kompetensi ASN menjadi faktor penghambat peranan Sekretariat DPRD dalam mendukung pelaksanaan fungsi DPRD Provinsi Lampung.Keyword : Efektivitas; Peran; Sekretariat DPRD; Kinerja The Lampung Provincial DPRD Secretariat also plays a role in supporting the budget function and also the supervisory function; this is evidenced by the existence of the Lampung Provincial DPRD budget section whose important role is the Lampung Provincial DPRD Secretariat. The purpose of this study is to determine the effectiveness of the role of the Lampung Provincial DPRD Secretariat in improving the performance of the Lampung Provincial DPRD and to determine the supporting aspects and aspects that inhibit the effectiveness of the role of the Lampung Provincial DPRD Secretariat in improving the performance of the Lampung Provincial DPRD. The type of descriptive research with a qualitative approach, data collection techniques in the study are through interviews, observation and documentation as well as qualitative data analysis. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the Role of the DPRD Secretariat is very effective in improving the performance of the Lampung Provincial DPRD in supporting the implementation of the Lampung Provincial DPRD function. The DPRD Secretariat should realize bureaucratic reform through improving the governance system (management) of government affairs by optimizing the use of information and communication technology. The supporting and inhibiting aspects of the effectiveness of the role of the DPRD Secretariat in improving the performance of the Lampung Provincial DPRD are adequate work facilities, and having a work culture that prioritizes friendly service, high integrity, effective and efficient in service, working professionally and disciplined, and being responsible in carrying out tasks as supporting factors, while the less than optimal coordination between the DPRD Secretariat and other OPDs and ASN competence are inhibiting factors for the role of the DPRD Secretariat in supporting the implementation of the functions of the Lampung Provincial DPRD. Keywords : Effectiveness; Role; DPRD Secretariat; Performance.
Copyrights © 2024