Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 9 No. 1 (2024): Kelola: Journal of Islamic Education Management

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINGERPRINT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU

Semi, Hijar (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2024

Abstract

Tujuan pembuatan jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi sistem informasi absensi guru menggunakan teknologi fingerprint dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Sekolah Islam Terpadu Mutiara Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, tahapan reduksi data, tahapan penyajian data atau biasa disebut dengan display data, dan juga penarikan kesimpulan atau biasa disebut dengan (verifikasi) data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengemukakan bahwa penggunaan sistem informasi berupa absen sidik jari atau disebut juga dengan fingerprint memberikan dampak positif kepada SIT Mutiara Makassar dilihat dari implementasinya dapat menimbulkan kesadaran disiplin dari setiap karyawan terutama guru. Selain itu, penerapan fingerprint memberikan kemudahan dalam mengimput data kehadiran karyawan dengan rapi, sebagai referensi pembagian gaji dan penerapan absen secara online ini sangat tidak memungkinkan guru untuk tidak melakukan kecurangan seperti titip absen. Tidak bisa dipungkiri penerapan fingerprint memiliki kekurangan seperti identifikasi sensor lambat, hang macet, tidak menerima scan, jam dan tanggal tidak sesuai, tidak bisa terkoneksi dengan komputer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...