Tujuan pembuatan jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi sistem informasi absensi guru menggunakan teknologi fingerprint dalam meningkatkan kedisiplinan guru di Sekolah Islam Terpadu Mutiara Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, tahapan reduksi data, tahapan penyajian data atau biasa disebut dengan display data, dan juga penarikan kesimpulan atau biasa disebut dengan (verifikasi) data. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengemukakan bahwa penggunaan sistem informasi berupa absen sidik jari atau disebut juga dengan fingerprint memberikan dampak positif kepada SIT Mutiara Makassar dilihat dari implementasinya dapat menimbulkan kesadaran disiplin dari setiap karyawan terutama guru. Selain itu, penerapan fingerprint memberikan kemudahan dalam mengimput data kehadiran karyawan dengan rapi, sebagai referensi pembagian gaji dan penerapan absen secara online ini sangat tidak memungkinkan guru untuk tidak melakukan kecurangan seperti titip absen. Tidak bisa dipungkiri penerapan fingerprint memiliki kekurangan seperti identifikasi sensor lambat, hang macet, tidak menerima scan, jam dan tanggal tidak sesuai, tidak bisa terkoneksi dengan komputer.
Copyrights © 2024