Lembaga pendidikan Islam sebagai suatu organisasi perlu dibahas sebagai upaya perbaikan pada masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, konsep karakteristik organisasi, proses implementasi, dan implikasinya dalam lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis library research. Hasilnya adalah bahwa konsep karaktersitik organisasi dalam lembaga pendidikan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang Islami yang efektif dan berkualitas. Implementasi karakteristik organisasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam akan memberikan landasan yang kuat bagi lembaga pendidikan Islam untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses implementasinya yaitu dengan: Membangun visi, misi, dan nilai inti, Menerapkan tata kelola yang baik, Membangun budaya organisasi yang Islami, Menyusun kurikulum Islami, Mengintegrasikan ajaran Islam dalam pembelajaran, Melibatkan orang tua dan masyarakat, Melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Adapun implikasinya yaitu: a) Semua kegiatan pendidikan didasarkan pada prinsip-prinsip Islam. b) Mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang agama Islam dan keterampilan praktis dalam menjalankan ajaran agama, c) Memberikan fasilitas dan waktu yang cukup untuk menjalankan ibadah sehari-hari. d) Pembiasaan hidup dalam suasana religius, e) Terbentuk karakter yang kuat dalam melaksanakan ajaran agama, f) lingkungan yang mempromosikan nilai-nilai Islam, g) Mendapatkan dukungan yang kuat dari keluarga dan komunitas dalam mengembangkan keimanan, akademik, dan kehidupan sosial. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan perbendaharaan konsep karakteristik organisasi untuk diimplementasikan di lembaga pendidikan Islam sehingga berimplikasi positif bagi lembaga pendidikan Islam khususnya dan lembaga pedidikan pada umumnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024