Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 9 No. 2 (2024): Kelola: Journal of Islamic Education Management

EVALUASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) SEKOLAH DASAR NEGERI MENGGUNAKAN MODEL CIPP

anjelina (Unknown)
Suwadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menggambarkan evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SD N 1 Maguwoharjo menggunakan Model CIPP. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengevaluasi konteks, input, proses, dan produk program tersebut untuk menilai efektivitasnya dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ialah proses sistematis guna mencari dan mengatur transkrip wawancara, catatan lapangan, serta materi-materi lain. Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi konteks berdasarkan visi, misi, dan tujuan sekolah telah diimplementasikan dengan baik, membentuk dasar kuat untuk pelaksanaan program sehingga penting untuk dilanjutkan secara inovatif. Evaluasi input pada sumber daya manusia, sarana dan prasarana mendukung keberhasilan program. Evaluasi Proses pelaksanaan program melibatkan berbagai kegiatan yang relevan, dengan dukungan kuat dari stakeholder yang menjadi factor pendukung keberhasilan program. Evaluasi produk menunjukkan perubahan positif dalam perilaku individu peserta didik dan budaya sekolah, mencerminkan keberhasilan program dalam membentuk karakter positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama. Penelitian ini berkontribusi penting dalam pengembangan praktik inovatif penguatan pendidikan karakter bagi dinas Pendidikan kabupaten/kota yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...