Journal of Early Childhood and Character Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

Upaya Guru Dalam Menangani Perilaku Anti Sosial Pada Anak Usia Dini

Rahmah, Miftah Fadhilah (Unknown)
Mashudi, Esya Anesty (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menelusuri upaya para guru dalam menangani perilaku anti sosial pada anak usia dini. Dengan tujuan mendalaminya, penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis data untuk memahami pendekatan yang diambil guru dalam mengatasi masalah ini. Fokusnya adalah untuk mengidentifikasi pemicu perilaku anti sosial serta mengevaluasi keberhasilan langkah-langkah korektif yang diterapkan oleh para pendidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya beragam strategi yang digunakan, mulai dari penerapan kebijakan disiplin positif, intervensi sosial-emosional, hingga kolaborasi yang erat dengan orang tua. Temuan menyoroti pentingnya komunikasi yang ditingkatkan antara guru, orang tua, dan anak dalam menangani perilaku anti sosial. Penelitian ini memberikan pandangan mendalam bagi praktisi pendidikan serta pengambil keputusan dalam merancang lingkungan belajar yang lebih baik bagi anak usia dini. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan informasi penting tentang strategi penanganan, tetapi juga memberikan fondasi untuk langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif serta perkembangan sosial yang positif pada tahap awal perkembangan anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joecce

Publisher

Subject

Religion Arts Neuroscience Social Sciences Other

Description

Focus. The focus is to provide readers with a better understanding of Early Childhood and Character Education through the publication of articles. Scope. This journal publishes a research article and discourses around the subject of early childhood and character education. The subject cover law, ...