Business Preneur : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Vol. 6 No. 1 (2024): Vol. 6 No. 1 Maret 2024

PENGARUH KIM TAE HYUNG ( V) BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP PENINGKATAN ENGAGEMENT KONTEN MARKETING AKUN INSTAGRAM SIM_INVEST

Ramdan, Andry Mochamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Brand Ambassador merupakan seseorang yang dikenal dan memiliki hubungan baik dengan khalayak untuk membantu perusahaan dalam mengkomunikasikan pesan kepada publik dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Siminvest menggunakan Kim Tae Hyung sebagai brand ambassador sejak awal tahun 2023 hingga saat ini. Kim Tae Hyung sendiri merupakan Personil boyband K-Pop BTS asal Korea Selatan yang sedang ramai diminati oleh banyak kalangan. Oleh karena itu, konten-konten yang disajikan melalui akun Instagram @Sim_Invest ramai dibanjiri oleh para penggemar Kpop. Tujuan dari diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari Kim Tae Hyung sebagai brand ambassador terhadap peningkatan engagement konten marketing melalui kolom komentar media sosial Instagram @Sim_Invest. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling yaitu teknik menentukan sampel berdasarkan suatu pertimbangan yang ditentukan peneliti. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan oleh peneliti dalam bab sebelumnya. Peneliti telah melakukan pengujian terhadap 100 responden yang pernah berinteraksi melalui brand page Instagram Siminvest sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut, Brand Ambassador Kim Tae Hyung memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap engagement konten marketing pada brand page Instagram Siminvest. Hal tersebut terlihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T yang menunjukkan bahwa T tabel < T hitung atau sebesar 1.987 < 7.115, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu juga, berdasarkan hasil analisa engagement rate pada salah satu konten pada Instagram @Sim_Invest memiliki interaksi yang baik jika dilihat dari segi likes dan comment.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

businesspreneur

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Pemasaran Keuangan Operasi Bisnis Sumber Daya Manusia Kewirausahaan Kreatifitas dan Inovasi Bisnis Pemodelan Bisnis Bisnis Syariah Etika dan Negosiasi ...