Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 3 No 2 (2023): JIPPM - Desember 2023

Pelatihan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran bagi Masyarakat Desa Beji Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah

Jalalludin, Jalallludin (Unknown)
Adiningrum, Aqilah Rahma (Unknown)
Astuti, Puji (Unknown)
Haerani, Nurdila (Unknown)
Nuraeni, Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Pemasaran digital menuntut masyarakat untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat terutama pihak pelaku UMKM untuk mengenal teknologi informasi dan komunikasi. Pengabdian masyarakat melalui program bina desa ini bertujuan untuk menginspirasi pelaku UMKM di Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dalam menggunakan media sosial sebagai alat yang efektif dalam menjalankan bisnis. Metode yang digunakan selama kegiatan berlangsung, yakni ceramah dengan diskusi  berbasis audiovisual. Hasil pelaksanaan program yang telah dilakukan menunjukan adanya tingkat pemahaman mitra terkait  materi yang disampaikan  sebesar 79,66%. Hasil tersebut menunjukan bahwa mitra mampu memahami materi pengolahan dan pemasaran secara maksimal dan cukup baik karena dilakukan implememtasi kegiatan terkait pengolahan dan pemasaran produk sehingga proses penyampaian materi menjadi lebih efektif dan materi yang disampaikan lebih mudah untuk dipahami.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jippm

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JIPPM) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan ...