ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 2 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

CARA MEMAKNAI FORUK ETNIK TANIMBAR MELALUI POLA PEMAKNAAN KORELASI

Maspaitella, Martha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Foruk disampaikan secara metaforis melalui pengetahuan dan pengalaman pelantun foruk, sehingga memiliki konsep-konsep yang abstrak untuk dimaknai. Oleh karena itu, perlu memahami konsep-konsep itu terlebih dahulu dengan menghubungkannya pada simbol yang digunakan sebagai domain sumber untuk mendapatkan makna foruk secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara memaknai foruk melalui pola korelasi konsep dan objek dalam metafora kognitif. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan semantik kognitif. Data metafora kognitif berupa satuan lingual kata dan kelompok kata ditemukan dalam foruk yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, rekaman, dan catatan lapangan dari para pelantun foruk yang menjadi sumber data. Selanjutnya, menggunakan teori struktur metafora konseptual Kovecses untuk melihat pola korelasi konsep dan objek dalam metafora kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metafora kognitif di dalam foruk memiliki korelasi kuantitas-vertikalitas dan korelasi motivasi-tujuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arbitrer

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian ...