Self-esteem yang dimiliki seseorang akan berpengaruh terhadap bagaimana individu melihat dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara social comparison dengan self-esteem pada remaja pengguna Instagram di Bandar Lampung (n=174). Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan survei sebagai metode pengambilan data. Alat ukur yang digunakan adalah Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) milik Rosenberg dan Iowa-Netherlands Comparison Orientation Measure (INCOM) milik Gibbons & Buunk. Data dianalisis dengan uji korelasi menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara social comparison dengan self-esteem pada remaja pengguna Instagram di Bandar Lampung. Social comparison memiliki korelasi yang kuat dengan salah satu aspek self-esteem yakni self-decprecation. Artinya jika seseorang melakukan social comparison secara berlebihan akan membuat individu merasa dirinya menjadi rendah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hipotesis pada penelitian ini diterima.
Copyrights © 2023