Kurikulum Merdeka yang diterapkan di SMP Pahlawan Nasional Medan kelas VII saat ini masih menjadi problematika khususnya bagi guru PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka dan bagaimana solusi untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru PAI tersebut. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan data hasil observasi dan juga wawancara selama penelitian berlangsung sehingga menjadi informasi yang mudah dipahami dan menjadi data yang bermanfaat positif dalam dunia Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman guru PAI terhadap Kurikulum merdeka, sulitnya mengubah kebiasaan/mindset guru PAI terhadap kurikulum merdeka dan juga kurang responnya siswa terhadap pembelajaran. Kebaharuan dalam penelitian ini, upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi problematika guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka yaitu dengan melaksanakan seminar rutin setiap minggunya.
Copyrights © 2024