Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 11, No 1, April (2024)

IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR DISCOVERY LEARNING JEROME BRUNER DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Ndoa, Paulinus Kanisius (Unknown)
Lay, Sergius (Unknown)
Waruwu, Florentina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Proses belajar-mengajar dapat berjalan efektif jika Guru menggunakan metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. Salah satu alternatif yang bisa menjadi pilihan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran sebagaimana yang ditawarkan oleh Bruner. Bruner merupakan seorang ahli psikologi dan pemikir yang mengembangkan teori yang sangat berkaitan dengan teori kognitif yaitu teori belajar discovery learning. Dasar pemikiran teori discovery learning adalah terkait dengan konsep Bruner tentang manusia. Bruner memandang manusia sebagai pemproses, pemikir dan pencipta informasi. Teori ini mengarahkan siswa untuk dapat menemukan sesuatu melalui proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kajian kepustakaan dengan maksud menggali pemikiran-pemikiran Bruner terkait dengan teori belajar discovery learning. Dari berbagai literatur ditemukan bahwa teori belajar discovery learning sangat berpengaruh terhadap perkembangan ranah kognitif peserta didik. Model pembelajaran discovey learning memberi ruang yang cukupkepada peserta didik untuk berkreasi dan menemukan sendiri apa yang ia butuhkan bagi dirinya. Disini Guru bukan lagi sebagai pemberi ilmu tetapi berperan sebagai fasilitator. Ditemukan juga bahwa penerapan teori ini berimplikasi terhadap prestasi belajar siswa, dimana siswa ditantang untuk memiliki kemandirian dalam menggali pengetahuan dan mengolah potensi dirinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...