Pendidikan merupakan usaha sadar terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran agar siswa aktif mengembangkan potensi dalam dirinya. Namun, pada kenyataannya, mewujudkan proses pembelajaran bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik, salah satunya adalah kurangnya minat siswa untuk membaca materi dalam buku sehingga berdampak kurangnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat disebabkan oleh tampilan buku yang terlalu monoton sehingga diperlukan penggantian ke e-modul. E-modul merupakan inovasi dari modul konvensional dengan memanfaatkan peran teknologi sehingga modul yang dibuat menjadi lebih menarik dan interkatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas e-modul fisika berbasis PBL pada materi gelombang cahaya terhadap hasil belajar siswa. E-modul dikembangkan dengan tiga tahapan, yakni pendahuluan, pengembangan, dan penilaian serta telah dinyatakan valid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test kepada 36 siswa SMAN Arjasa Jember. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa penggunaan e-modul fisika berbasis PBL pada materi gelombang cahaya cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji distribusi normal dan paired sample t-test. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi arahan bagi para guru dan tenaga pendidik lain untuk mengembangkan e-modul fisika pada materi yang lainnya.
Copyrights © 2022