Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model case method berbasis daring pada mata pelajaran matematika, analisis efektivitas pembelajaran menggunakan case method berbasis daring ditinjau dari aktivitas belajar siswa, respon belajar dan hasil belajar siswa dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model case method berbasis daring di kelas X IPS 1 di SMAN 11 Medan yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, angket respon belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Pembelajaran matematika dengan model case method dilaksanakan secara daring di Kelas X 1 IPS SMAN 11 Medan dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting; (2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan model case method berbasis online di Kelas X IPS 1 SMAN 11 Medan belum efektif karena indikator aktivitas belajar dan hasil belajar belum memenuhi kriteria; dan (3) Kendala selama pembelajaran dengan metode online melalui model case method berbasis kuota paket data siswa dan kekuatan jaringan internet siswa kurang mendukung, sehingga siswa membutuhkan waktu untuk melakukan penyesuaian model pembelajaran dan keterampilan mengajar guru yang harus ditingkatkan.
Copyrights © 2022