Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 9, No 2, Oktober (2022)

PENGGUNAAN TEKNIK ROLE-PLAYING UNTUK MENANGANI ACADEMIC BOURNOT SISWA

Fakhri, Fakhri (Unknown)
Khair, M. Rizki Al (Unknown)
Muliawati, Muliawati (Unknown)
Ridha, Usfur (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok ketika digunakan untuk menangani siswa-siswa dengan kondisi academic burnout. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen: Group Pre-test Post-test Design, di mana sampel penelitian diperoleh dengan teknik insidental sampling. Analisis data menggunakan uji normalitas pada program SPSS versi 23 Shapiro Wilk dengan taraf signifikan 5%. Pada paired sample test uji-T bertujuan untuk membandingkan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil paired sample test uji-t bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sesudah dan sebelum diberikan teknik role playing. Berdasarkan skor tafsiran efektivitas N-Gain termasuk kategori efektif yaitu 99,7 % dengan persentase kategori efektivitas kisaran 76.  Berdasarkan hasil analisis pembahasan dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi academic burnout siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...