Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
Vol. 9 No. 1 (2024)

DETERMINASI KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PENUMPANG KAPAL RORO

Nuruly, Shaqina (Unknown)
Setyawati, Aswanti (Unknown)
Dewi, Nita Rosmala (Unknown)
Sakti, Reza Fauzi Jaya (Unknown)
Susanto, Primadi Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas penumpang kapal RoRo, dengan fokus pada kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Melalui studi kasus yang cermat, artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi manajer perusahaan pelayaran dalam meningkatkan strategi layanan mereka dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Metode penelitian kualitatif dengan tinjauan pustaka melibatkan analisis berbagai sumber teks yang ada untuk memahami dan mengintegrasikan pengetahuan yang diperoleh tentang masalah penelitian. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi kecenderungan, perdebatan, hipotesis, temuan, dan kesenjangan pengetahuan yang terkait dengan topik penelitian menarik yang sudah ada dalam literatur. Studi ini menunjukkan dari hasil literatur yang mendukung dari dua hasil penelitian maka kualitas pelayanan yang dirasakan oleh penumpang kapal RoRo berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal ini menekankan pentingnya bagi perusahaan pelayaran RoRo untuk meningkatkan kualitas layanan guna mempertahankan pangsa pasar dan loyalitas pelanggan. Selain itu, temuan ini mengonfirmasi hubungan positif antara kepuasan pelanggan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan pelayaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimmu

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Journal of Scientific JIMMU Program master of Management UNISMA. JIMMU will be published twice in March and September. With the uniqueness of two times to enable the translation that can be done both quantitative and qualitative. making research into Indonesia's economy 4.0. The JIMMU topics include ...