Hasil penelitian ini menunjukan secara umum bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an sudah berjalan cukup baik dengan menerapkan beberapa metode sebagai berikut : 1. Metode Wahdah Adalah menghafalkan satu persatu ayat yang akan dihafalkan. 2. Metode Kitabah Adalah para penghafal lebih dulu menulis ayat-ayat yang akan dihafalkan pada buku atau kertas. 3. Metode Yanbu’a Adalah suatu metode baca tulis dan menghafal Al-Qur’an, untuk membacanya sendiri tidak boleh mengeja tetapi membaca secara langsung dengan cepat sesuai dengan kaidah makhroj huruf. 4. Metode Qira’ati Suatu metode atau cara cepat yang digunakan untuk membaca Al-Qur’an dan langsung mempraktikkan bacaan dengan cara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwi Sedangkan Faktor Penghambat Peranan Guru PAI dalam meningkatkan Hafalan ayat-ayat Al-Quran yaitu media elektronik dan teman-teman yang nakal. Peranan yang di lakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan hafalan ayat-ayat Al-Qur’an oleh siswa di SMA Negeri 1 Sangatta Utara telah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti bahwa sebagian siswa sudah mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar seperti, seperti: mengetahui huruf-huruf hijaiyyah, mampu membedakan panjang pendeknya suatu bacaan, serta sedikit demi sedikit mereka dapat mengamalkannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023