An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3 No 1 (2023): Mei-Agustus

PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN SISWA DI SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA

Yasin, Muhammad (Unknown)
Nur Atim Zaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan secara umum bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca ayat-ayat Al-Qur’an sudah berjalan cukup baik dengan menerapkan beberapa metode sebagai berikut : 1. Metode Wahdah Adalah menghafalkan satu persatu ayat yang akan dihafalkan. 2. Metode Kitabah Adalah para penghafal lebih dulu menulis ayat-ayat yang akan dihafalkan pada buku atau kertas. 3. Metode Yanbu’a Adalah suatu metode baca tulis dan menghafal Al-Qur’an, untuk membacanya sendiri tidak boleh mengeja tetapi membaca secara langsung dengan cepat sesuai dengan kaidah makhroj huruf. 4. Metode Qira’ati Suatu metode atau cara cepat yang digunakan untuk membaca Al-Qur’an dan langsung mempraktikkan bacaan dengan cara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwi Sedangkan Faktor Penghambat Peranan Guru PAI dalam meningkatkan Hafalan ayat-ayat Al-Quran yaitu media elektronik dan teman-teman yang nakal. Peranan yang di lakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan hafalan ayat-ayat Al-Qur’an oleh siswa di SMA Negeri 1 Sangatta Utara telah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti bahwa sebagian siswa sudah mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar seperti, seperti: mengetahui huruf-huruf hijaiyyah, mampu membedakan panjang pendeknya suatu bacaan, serta sedikit demi sedikit mereka dapat mengamalkannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...