An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 3 No 3 (2024): Januari-April

IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 7 KOTA MAKASSAR

Pahrul (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)
Muhammad Tang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Implementasi moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan salah satu upaya untuk membentuk sikap toleransi, pemahaman dan keterbukaan terhadap perbedaan suku, ras dan agama. SMA Negeri 7 Kota Makassar merupakan salah satu sekolah yang memiliki peserta didik maupun pendidik yang heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, implementasi dan hasil moderasi beragama melalui pembelajaran PAI di SMA Negeri 7 Kota Makassar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep moderasi beragama di SMA Negeri 7 Kota Makassar mengarah pada konsep tasamuh dan tawassuth. (2) implementasi moderasi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Kota Makassar adalah dengan cara toleransi antar sesama peserta didik maupun pendidik yang berbeda keyakinan, saling berkolaborasi, bekerjasama antara pendidik dan peserta didik dalam setiap kegiatan sekolah baik yang sifatnya internal maupun eksternal. (3) hasil dari moderasi beragama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Kota Makassar. secara umum sudah terlihat dan menunjukkan hubungan yang positif salah satunya adalah sikap humanis. Sikap inilah yang juga bisa menghantarkan peserta didik untuk bersikap toleran dan moderat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

an-nahdlah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus ...