Sebuah lembaga pendidikan kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang harus meningkatkan kualitas pendidikannya baik itu dari aspek sumber dayanya manusianya, sarana dan prasarananya, bangunannya, maupun metode pembelajarannya sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan tersebut. Maka dari itu seorang pemimpin harus memperhatikan sumber daya manusianya yang mana seorang kepala sekolah harus memiliki sebuah strategi dalam meningkatkan kompetensi professional guru melalui supervise klinis. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskripsif dan jenis penelitiannya studi kasus di lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dokumen, buku, penelitian terdahulu maupun jurnal. Lokasi penelitian ini yaitu di SMAN 1 Ampek Angkek. Temuan penelitian ini yaitu strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi professional guru melalui supervisi klinis di SMAN 1 Ampek Angkek yaitu kepala sekolah sudah membuat strategi dalam meningkatkan kompetensi professional guru melalui beberapa tahap di mulai dari perencanaan, pelaksanaan, mengevaluasi hasil dari perencanaan dan pelaksanaan serta kepala sekolah juga menemukan beberapa tantangan dalam melakukan meningkatkan kompetensi professional guru.
Copyrights © 2024