LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 3 No. 2 (2023): Linggau Jurnal Language Education Literature

PENGARUH MODEL PEMBELAJARN DEMOPALABATIN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MAZRO’ILLAH LUBUKLINGGAU

Agustina, Iis (Unknown)
Astuti, Tri (Unknown)
Ramadan Lazuardi, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Demopalabatin terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mazro’illah Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan eksperimen murni. Dengan desain yang digunakan control group pretes dan postes.. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII VII Madrasah Tsanawiyah Mazro’illah Lubuklinggau yang berjumlah 35 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, maka didapat kelas VII.1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 terpilih sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Demopalabatin sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk uraian. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretes adalah 62,80 dan postes 83,60 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes adalah 61,60 dan postes 72,20. Berdasarkan uji-t”tes” untuk postes pada taraf signifikan α = 0,05 didapat thitung 4,13 dan ttabel = 2,03. Karena thitung > ttabel, maka diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran Demopalabatin berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks narasi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mazro’illah Lubuklinggau.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...