ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan secara signifikan kemampuan menelaah struktur fabel kelas VII SMP Negeri Rejosari melalui penerapan media pembelajaran audio-visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yaitu penelitian yang meneliti hanya satu kelas. Sebagian populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Rejosari yang terdiri dari 55 siswa dan sebagai kelas sampel adalah kelas VIIa. Kelas tersebut dipilih secara acak dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu pretest dan postest. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan dari uji hipotesis dan analisis data uji “t” menggunakan perhitungan SPSS versi 20, nilai uji thitung sebesar 0,866 selanjutnya mencari ttabel nilai-nilai dalam distribusi t taraf signifikan = 0,05 dan drajat kebebasan (dk = df) 27, maka diketahui ttabel = 2.052. Dari hasil kriteria pengujian yaitu thitung ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima.
Copyrights © 2023