LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Jurnal Language Education and Literature

Peningkatan Kemampuan Mengindentifikasi Struktur Teks Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Lintang Kanan

Farisi, Ar Rijal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengindentifikasi struktur teks eksposisi melalui model pembelajaran generatif (generative learning) pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Lintang Kanan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non-tes (hasil observasi). Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 66,31 dengan ketuntasan klasikal 52,63%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 72,10 dengan ketuntasan klasikal 63,15%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 78,42 dengan ketuntasan klasikal 84,21%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 5,79 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 10,52%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 6,32 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 21,06%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 12,11 dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 31,58%. Berdasarkan hasil PTK dapat disimpulkan jika melalui model pembelajaran generatif (generative learning) dapat meningkatkan kemampuan mengindentifikasi struktur teks eksposisi pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Lintang Kanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...