Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 1 (2024): SULUH PENDIDIKAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

Oktaviani, Yutri (Unknown)
Sudiana, I Made (Unknown)
Surata, I Ketut (Unknown)
Suartana, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Rendahnya minat belajar peserta didik disebabkan oleh cara mengajar guru yang cenderung mendominasi pengetahuan. Kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered Learning/TCL). Peserta didik menjadi pasif, minat dan motivasinya menjadi rendah karena peserta didik kurang memperoleh pengalaman belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inovatif (MPI) yaitu dengan model problem based learning (PBL). Data penelitian dikoleksi menggunakan metode kuisioner minat belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam kualifikasi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berhasil mendorong minat belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...