Penelitian ini menganalisis kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam buku antalogi. Tujuan penelitianuntuk mengidentifikasikan dan menginterprestasikan adanyakesalahan jaan pada bukuantalogi cerpenAnak-Anak Pinggiran dan implikasinya terhadap pembelajaranBahasa Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deksriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian tentang kesalahan penggunaan ejaan pada buku antalogi cerpen Anak-Anak Pinggiran, dengan urutan pertama, yaitukesalahan penggunaan huruf kapital sebanyak 28 temuan dengan presentase31%; urutan kedua yaitu kesalahan ejaan penulisan huruf miring sebanyak 20 temuan dengan presentase22%; urutan ketiga yaitukesalahan ejaan penulisan imbuhan sebanyak 20 temuan dengan presentase 22%;dan urutan terkahir ada kesalahan ejaan penulisan kata sebanyak 22 temuandengan presentase 25%. Berdasarkan temuan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak ditemukan pada buku anatalogi cerpen Anak-Anak Pinggiranyaitu kesalahanpenggunaan huruf kapital, dengan kesalahan berupa penggunaan huruf kapital pada awal kalimat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024