Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
VOL 2 NO 2 OKTOBER 2019

Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Di Sekolah Dasar

Ani, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan belajar membaca siswa melalui metode kata lembaga dengan kelas I SDN 09 Mattekko kota Palopo. Metode yang digunakan adalah metode kata lembaga yang terdiri atas II siklus yang masing-masing memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian yang digunakan iyalah lembar observasi siswa dan guru, dan dokumentasi. Dengan adanya proses pembelajaran yang berlangsung  siswa lebih mudah belajar membaca  dengan  penerapan metode kata lembaga sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Penerapan metode ini mampu mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran membaca permulaan dimana metode kata lembaga ini mencakup beberapa kegiatan seperti merangkai huruf, merangkai kata menjadi kata, dan kata dirangka menjadi kalimat. Adanya penerapan metode kata lembaga ini, hasil belajar siswa meningkat karena metode kata lembaga ini merupakan metode yang cocok diterapkan di kelas rendah karena metode ini merangkai kata menjadi huruf dan kata dirangkai menjadi sebuah kalimat yang dapat membantu siswa dalam belajar membaca.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...