Rayah Al Islam : Jurnal Ilmu Islam
Vol 7 No 3 (2023): Rayah Al Islam Desember 2023

Efektifitas Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta

Al Affu, Nur (Unknown)
Suhadi (Unknown)
Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta selama tahun akademik 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tinjauan literatur, observasi lapangan, dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru pendidikan Islam. Hasil penelitian ini akan danalisis dan kesimpulan akan diambil berdasarkan data yang dikumpulkan. Studi ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar adalah metode yang efektif untuk mengatasi kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an. Adapun faktorfaktor yang menjadi faktor pendukung selama proses pembelajaran yakni tersedianya buku Al-Qur’an Hadits sebagai acuan siswa untuk belajar, ada juga tafsir, Qur’an biasa maupun digital yang bisa membantu siswa lebih giat lagi belajar, sedangkan hal-hal yang menjadi faktor penghambat yakni kemampuan siswa yang berbeda dan memang sangat kurang tetapi hanya 5%. This study aims to investigate the effectiveness of tutoring in overcoming difficulties in reading and writing the Qur'an at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta during the 2022/2023 academic year. The research method used in this research is a qualitative case study. Data collection techniques used in this study included literature reviews, field observations, and interviews with Islamic education principals and teachers. The results of this study will be analyzed and conclusions will be drawn based on the data collected. This study found that tutoring is an effective method for overcoming difficulties in reading and writing the Qur'an. This study also highlights the importance of student-centered learning in shaping character, civilization, and improving the quality of life of students. This study concludes that tutoring is needed to empower all potential students to master the expected competencies.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rais

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Rayah Al-Islam (p-ISSN: 2503-3816, e-ISSN: 2686-2018) is a Journal of Islamic studies published twice a year, this scientific publication is managed by the Institute for Research and Community Service (LP2M) Ar-Raayah Arabic Language College (STIBA) Sukabumi. This journal focuses on the study of ...