Model pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu strategi yang ditawarkan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Setiap guru diarahkan untuk melihat berbagai potensi siswa dan lingkungan sekitar agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi capaian pembelajaran. Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dapat menjadi salah satu pilihan dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi khususnya dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). ABCD dapat dimanfaatkan sebagai kerangka konseptual untuk membangun pembelajaran yang berbasis pada kekuatan lokal yang dimiliki oleh setiap komunitas belajar. Melalui analisis studi literatur dan refleksi pembelajaran, penelitian ini mengidentifikasi tahapan-tahapan yang dapat dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran IPS berdiferensiasi dengan berbasis aset lokal. Tahapan tersebut mencakup Pemetaan Aset, Membangun Ikatan dan Hubungan, Mobilisasi Komunitas, Penemuan dan Imajinasi, Evaluasi dan Refleksi serta Dukungan Eksternal. Penelitian ini menggambarkan bagaimana model ABCD dapat diintegrasikan dalam praktik pembelajaran kurikulum merdeka. Tahapan-tahapan ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam pelaksanaan praktik pembelajaran berdiferensiasi yang responsif terhadap keberagaman murid dan aset lokal yang dimiliki. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, pengembangan komunitas berbasis aset, ilmu sosial
Copyrights © 2024