Keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh siswa, karena sebagai dasar siswa memiliki kemampuan analisis yang baik. Saat ini instrumen evaluasi keterampilan proses sains hanya berupa lembar observasi yang kadangkala memberikan celah untuk guru menilai siswa secara subjektif dan belum banyak dikembangkan di materi asam basa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk keterampilan proses sains siswa SMA pada materi Larutan Asam Basa melalui Inquiry-Internet of Thing (IIoT). Indikator yang digunakan pada instrumen ini terdiri dari sembilan indikator yang merupakan gabungan dari Keterampilan proses sains dasar dan terpadu, sedangkan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Tahapan pengembangan instrumen tes ini adalah membuat indikator soal, membuat soal, judgement oleh ahli materi dan ahli evaluasi, revisi soal, uji coba, revisi soal. Soal yang dikembangkan sebanyak 18 soal berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan memiliki Korelasi XY sebesarĀ 0,48, Reliabilitas Tes sebesar 0,65 tingkat kesukaran dan kualitas pengecoh yang belum seimbang.Terdapat 5 soal yang sudah layak digunakan, 12 soal yang perlu direvisi, dan satu soal yang perlu diganti.
Copyrights © 2024