Basica
Vol 3 No 2 (2023)

Penerapan Media Big Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Samanhudi, Maratus Sholeha (Unknown)
Sriwijayanti, Ribut Prastiwi (Unknown)
Jannah, Faridatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas I, terdiri dari 6 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 59% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 70,71, meningkat menjadi 77,86 pada siklus 1, dan mencapai 89,5 pada siklus 2. Kesimpulannya, penggunaan media big book efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi guru dan praktisi pendidikan dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas I, terdiri dari 6 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 59% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 70,71, meningkat menjadi 77,86 pada siklus 1, dan mencapai 89,5 pada siklus 2. Kesimpulannya, penggunaan media big book efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Pajurangan Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi guru dan praktisi pendidikan dalam memilih dan menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basica

Publisher

Subject

Arts Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics

Description

a journal that publishes original writings from the results of literature studies research for sciences results biology physics science education elementary school arts education and childrens learning creativity. Islamic Primary Education Journal published biannually in June and December including ...